ANA FITROTUNNISA
Departemen Matematika (http://www.math.ipb.ac.id)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (http://www.fmipa.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (http://www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department
of Family and Consumer Sciences,
(www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College
of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG
SUMARWAN, MSc
sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori
dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kuliah I pada Senin siang Pukul 13.00 15 Februari 2016
Kuliah I Perilaku Konsumen benar-benar
mengagetkanku. Awalnya aku pikir kuliah dari jam 13.00-15.30 itu akan membuat
bosan, mengantuk,dkk. Ternyata tidak sama sekali. Justru aku bisa benar-benar
enjoy dengan kuliah ini. Mendapat materi dari seorang Dosen yang luar biasa:
Prof.Dr.Ir. Ujang Sumarwan,M.Sc.
Beliau menerangkan dengan begitu jelas. Yang lebih
menariknya. Dosen kami ini sangat humoris dan interaktif. Sepanjang kuliah yang
ada aku ketawa dengan segala penjelasannya. Tapi juga jadi semakin paham dengan
materinya. Kurang lebih ini materi di Kuliah I kemarin:
Dimulai
dengan pertanyaan dari Dosen yakni apa yang kalian pikirkan ketika melihat atau
mendengar kata “Konsumen”? jawab dengan 1-2 kata.
Semua mahasiswa menjawab dari baris paling kiri
depan. Jawaban tidak boleh sama. Sontak semua berpikir lagi mengenai jawaban
pertanyaan di atas.
Berikut beberapa jawabannya:
Ketika mendengar kata Konsumen yang terpikirkan
adalah
Pembeli, pengguna jasa, penghasil sampah, pengambil
keputusan, barang,jasa, merk, harga, kualitas, menawar, pelit, boros,
trend,dsb.
Setelah itu Dosen mulai menjelaskan materi. Berikut sebagian materi yang dijelaskan oleh Beliau:
Konsumen berkaitan dengan pelangga, pembeli, pengguna,
barang, jasa, menawar, mencari informasi, persepsi dan lain-lain. Pengertian
perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk (2010), istilah perilaku konsumen
diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli,
menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka
harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Sedangkan menurut Sumarwan (2010),
perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang
mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli,
menggunakan, menghabiskan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan
hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Dimensi penting perilaku konsumen
adalah motivasi atau alasan konsumen menggunakan suatu produk tertentu.
Perspektif Riset Perilaku Konsumen
- Perspektif Pengambilan Keputusan: Konsumen
memiliki masalah dan melakukan proses pengambilan keputusan rasional untuk
menyelesaikan masalah tersebut.
- Perspektif Eksperiensial (Pengalaman): Konsumen
sering mengambil keputusan untuk membeli produk dengan keputusan yang
tidak rasional.
- Perspektif Pengaruh Behavioral: Konsumen membeli
produk bukan dengan alasan yang rasional, namun dipengaruhi faktor
luar.
Perilaku Konsumen di Dunia
- Disiplin perilaku konsumen berkembang karena ada
kesamaan dan perbedaan perilaku
- Konsumen diberbagai negara memakai pakaian dan
aksesoris yang sama
- Globalisasi dan perdagangan serta akses internet
yang meluas menyebabkan semakin seragam perilaku konsumen diberbagai
negara
- Globalisasi menyebabkan batas budaya dan geografi
semakin berkurang
- Pemasaran yang agresif dari perusahaan
multinasional mendorong konsumen dengan mudah mendapatkan barang dari
berbagai negara
Tahapan model pengambilan keputusan
- Kepuasan konsumen
- Pembelian
- Evaluasi alternatif
- Pencarian informasi
- Pengenalan kebutuhan
Faktor yang mempengaruhi proses keputusan konsumen
- Strategi pemasaran: Perusahaan, pemerintah,
organisasi nirlaba, partai politik
- Perbedaan individu: Kebutuhan dan motivasi,
kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi dan persepsi, proses
belajar, pengetahuan, sikap dan agama
- Faktor Lingkungan: Budaya, karakteristik
demografi, sosial dan ekonomi, keluarga dan rumah tangga, kelompok acuan,
situasi konsumen, teknologi
Proses keputusan konsumen
- Pembelian
- Konsumsi
- Kepuasan
Comments
Post a Comment