ANA FITROTUNNISA

Departemen Matematika (http://www.math.ipb.ac.id)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (http://www.fmipa.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (http://www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences, (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc
sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.


Kuliah I pada Senin siang Pukul 13.00 15 Februari 2016


 Kuliah I Perilaku Konsumen benar-benar mengagetkanku. Awalnya aku pikir kuliah dari jam 13.00-15.30 itu akan membuat bosan, mengantuk,dkk. Ternyata tidak sama sekali. Justru aku bisa benar-benar enjoy dengan kuliah ini. Mendapat materi dari seorang Dosen yang luar biasa: Prof.Dr.Ir. Ujang Sumarwan,M.Sc.
Beliau menerangkan dengan begitu jelas. Yang lebih menariknya. Dosen kami ini sangat humoris dan interaktif. Sepanjang kuliah yang ada aku ketawa dengan segala penjelasannya. Tapi juga jadi semakin paham dengan materinya. Kurang lebih ini materi di Kuliah I kemarin:
            Dimulai dengan pertanyaan dari Dosen yakni apa yang kalian pikirkan ketika melihat atau mendengar kata “Konsumen”? jawab dengan 1-2 kata.
Semua mahasiswa menjawab dari baris paling kiri depan. Jawaban tidak boleh sama. Sontak semua berpikir lagi mengenai jawaban pertanyaan di atas.
Berikut beberapa jawabannya:
Ketika mendengar kata Konsumen yang terpikirkan adalah
Pembeli, pengguna jasa, penghasil sampah, pengambil keputusan, barang,jasa, merk, harga, kualitas, menawar, pelit, boros, trend,dsb.
Setelah itu Dosen mulai menjelaskan materi. Berikut sebagian materi yang dijelaskan oleh Beliau:
Konsumen berkaitan dengan pelangga, pembeli, pengguna, barang, jasa, menawar, mencari informasi, persepsi dan lain-lain. Pengertian perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk (2010), istilah perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Sedangkan menurut Sumarwan (2010), perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Dimensi penting perilaku konsumen adalah motivasi atau alasan konsumen menggunakan suatu produk tertentu.

Perspektif Riset Perilaku Konsumen
  1. Perspektif Pengambilan Keputusan: Konsumen memiliki masalah dan melakukan proses pengambilan keputusan rasional untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  2. Perspektif Eksperiensial (Pengalaman): Konsumen sering mengambil keputusan untuk membeli produk dengan keputusan yang tidak rasional.
  3. Perspektif Pengaruh Behavioral: Konsumen membeli produk bukan dengan alasan yang rasional, namun dipengaruhi faktor luar.  

 Perilaku Konsumen di Dunia
  1. Disiplin perilaku konsumen berkembang karena ada kesamaan dan perbedaan perilaku
  2. Konsumen diberbagai negara memakai pakaian dan aksesoris yang sama
  3. Globalisasi dan perdagangan serta akses internet yang meluas menyebabkan semakin seragam perilaku konsumen diberbagai negara
  4. Globalisasi menyebabkan batas budaya dan geografi semakin berkurang
  5. Pemasaran yang agresif dari perusahaan multinasional mendorong konsumen dengan mudah mendapatkan barang dari berbagai negara 
Tahapan model pengambilan keputusan
  1. Kepuasan konsumen
  2. Pembelian
  3. Evaluasi alternatif
  4. Pencarian informasi
  5. Pengenalan kebutuhan 
Faktor yang mempengaruhi proses keputusan konsumen

  1. Strategi pemasaran: Perusahaan, pemerintah, organisasi nirlaba, partai politik
  2. Perbedaan individu: Kebutuhan dan motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi dan persepsi, proses belajar, pengetahuan, sikap dan agama
  3. Faktor Lingkungan: Budaya, karakteristik demografi, sosial dan ekonomi, keluarga dan rumah tangga, kelompok acuan, situasi konsumen, teknologi
Proses keputusan konsumen

  1. Pembelian
  2. Konsumsi
  3. Kepuasan


Comments

Popular posts from this blog

Nikmati saja

Favorite Page in 'My Dream Book'

Tentang Kamarku